Kumpulan Puisi Dan Kata Mutiara Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Advertisement
Advertisement
Sumpah Pemuda yang  dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 ini merupakan hasil rumusan dari  Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. dimana pada waktu itu, bukanlah hal yang mudah bagi para pemuda pemuda bangsa indonesia dengan rela bertumpah darah demi bangsa indonesia, dan juga demi mepersatukan gugusan pulau yang terpecah dan menjadikannya satu kebangsaan dan satu tanah air yaitu tanah air indonesia

Oleh karena itu hari sumpah pemuda sangat penting bagi kemerdekaan Indonesia karena seperti yang telah tertulis dalam tinta sejarah, sebelum adanya sumpah pemuda, perjuangan kemerdekaan masih bersifat kedaerahan sehingga sangat mudah ditaklukan oleh pihak penjajah. dan untuk memperingati hari sumpah pemuda biasanya  selalu di isi  yang terkait dengan ucapan sumpah pemuda,ucapan selamat peringatan sumpah pemuda,ucapan sumpah pemuda bahasa inggris,ucapan sumpah pemuda 2016,kartu ucapan sumpah pemuda,ucapan selamat hari sumpah pemuda,kata kata ucapan hari sumpah pemuda,kata sumpah pemuda,kata kata lucu sumpah pemuda,kata motivasi sumpah pemuda,puisi sumpah pemuda,teks sumpah pemuda,kata kata mutiara sumpah pemuda,makna sumpah pemuda bagi generasi muda,tokoh sumpah pemuda,pidato sumpah pemuda,sejarah sumpah pemuda,puisi sumpah pemuda karya chairil anwar,kumpulan puisi sumpah pemuda,puisi sumpah pemuda 2012,teks puisi sumpah pemuda,pantun sumpah pemuda,pidato sumpah pemuda,puisi sumpah pemuda terbaru,contoh puisi sumpah pemuda untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kita sebagai bangsa indonesia.

http://geby03.blogspot.com/

Untuk itu bagi anda yang mencari ucapan hari sumpah pemuda berikut ini kami akan posting Kumpulan Puisi Dan Kata Mutiara Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober untuk anda pengunjung geby03 di bawah ini.

Kumpulan Kata Mutiara Tentang Hari Sumpah Pemuda

Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.

Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota bada yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan indosia yang sejati.

Laksheid adalah julukan bagi para pemuda Indonesia yang mengandung arti pemalas, buktikan pada dunia bahwa kita selaku pemuda dan pemudi Indonesi mampu untuk mengubah dunia dan menjung-jung tinggi harkat dan martabat negara kita.

Tuhan hanya akan merubah nasib sebuah bangsa jika bangsa itu hendak merubah nasib bangsanya sendiri. Bersatulah para pemuda dan pemudi Indonesia dan rubahlah nasib bangsa kita supaya lebih baik dari sebelumnya.

Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.

Belajarlah tentang arti sebuah persatuan dan kesatuan dari sebatang lidi yang sangat rapuh namun akan sangat kuat dan tidak mudah untuk di patahkan ketika lidi tersebut menjadi sebuah sapu yang terikat kuat dan mampu membersihkan sampah bangsa (koruptor).

Memersatukan gugusan pulau yang terpecah dan menjadikannya satu kebangsaan dan satu tanah air yaitu Tanah Air Indonesia bukanlah hal yang mudah, hargai dan hormatilah jasa para pahlawan Indonesia dan tumbuhkanlah rasa persaudaraan sesama bangsa karena kita semua adalah saudara.

Apakah kelemahan kita adalah kurang percaya diri sebaga bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri dan kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah rakyat gotong royong.

Kumpulan Puisi Tentang Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda telah tercanangkan,
28 Oktober 1928 adalah harinya,
semua unsur negeri menjadi satu,
Satu kesatuan bangsa Indonesia.

Meski maut mengintai
Rasa sakit mengintip dibalik senjata - senjata api
Kalian dengan berani mengucap sumpah pemuda
Dengan rasa yang terdiam namun teryakini
Menyatakan satu tanah air, satu bangsa, dan satu Bahasa
Tekad membaca demi kemerdekaan
Darah dan nyawa siap dikorbankan
Untuk kemerdekaan bangsa
Untuk kesejahteraan Negara
Wahai pemuda Yang kini hidup dalam kemerdekaan
Tiadalah malu dalam kelalaian kita
Mengumbar nafsu tanpa mengerti perjuangan pendahulu kita
Tiadalah kita malu pada kemalasan kita
Hingga kita dijajah kembali oleh uang uang para penjajah
Relakah negara ini bersujud pada mereka
yang telah merenggut limpahan kekayaan bangsa
Tegakkan panji merah putih
Rebut kembali kejayaan Indonesia

Namun dibalik kerudung banggaku,
aku masih menyimpan segenggam duka,
semakin berkembang bahasa persatuanku,
namun semakin hancurlah dia.

Serbuan-serbuan kosakata dari bahasa adikuasa,
makin mencabik-cabik bahasaku,
makin kacau balau bahasaku,
jangan sampailah bahasaku hilang.

Bahasa Indonesia seiring waktu makin berkembang
menjadi bahasa nan mandiri, mulailah terpisah
namun akar tetaplah sama dengan serumpun
hanya nama dan sejarah yang memisahkan.

Jaman memang tak bisa dihalang,
namun kapankah kita sebangga Prancis pada bahasanya?
Masih malukah kita dengan bahasa kita sendiri?
Kapankah kita menganggap bahasa Indonesia sebagai kebanggan?

Mungkin hanya itu saja puisi dan kata mutiara hari sumpah pemuda yang dapat kami sampikan semoga dapat bermanfaat untuk anda semuanya sekian dan terimakasih.

Advertisement